Hal biasa mengalami kejenuhan tingkat dewa dalam bekerja.
Itu yang gw rasakan sekarang..hmm bukan hanya sekarang sih..tapi sering nya hahaha..
Gw dilahirkan dengan kecerdasan otak yg standar dan alergi untuk basa basi sama orang lain. Itulah sebab nya gw anti jadi marketing.
Waktu sekolah, paling males kalau udah pelajaran IPS..saat kuliah ambil jurusan pun menghindari yang nama nya kelas marketing...
Eh loh kok dpt kantor yg secara gk langsung dsuruh jd sales. Awal tanda tangan offering letter sih gk ada kata2 target, pemasaran dll yg sodaraan sama marketing. Karena gw apply untuk jadi frontliner pada suatu bank yang notabene terbesarrrrr....
You know lah bank yang gw maksud..
Makin kesini 4 tahun gw bekerja barulah terungkap sadis nya..pantes dulu temen gw ngomel2 ke gw waktu gw apply ke ini bank.
"Nek..bego banget sih loe..gw keluar napa lu malah masuk??!harus nya loe tanya gw dulu sebelum apply!!" Itu kata2 pedas dari temen gw..
OMG HELLOWWW....sape luuu ngelarang2 gw...itu tu yang gw ucap dalam hati..
Dan sekarang....yupppp....gw baru sadar ini nih yg dimaksud temen gw..
Gw cuma gak suka sama sistem manajemen SDM ni bank..
Dari 3 bank yang gw jadikan tempat mengais rejeki, cuma ni bank yang orientasi jualannya tinggi banget tapi gak didukung sama sistem dan timbal balik yg lebih untuk menarik nasabah2 nya..
Plus itu bagian marketing nya kemaneeee????
Frontliner yang disuruh nyari nasabah...ketemu nasabah...door to door ke pasar2, ke jalan tol untuk nawarin produk...
Kebayang kan?!
Itu dy kenapa gw bilang manajemen SDM nya bobrok...
Mereka mau nya dengen pengeluaran yang seminimal mungkin di dapat hasil yang luar biasa alias penggunaan SDM belum seimbang.. 1 orang bisa double job!!
Belum lagi denda jika para frontliner ini tidak mencapai target!! Misal di tempat gw 1 minggu tidak closing maka denda yang harus dibayar adalah 10.000 nah kalau sebulan ya 40.000. Hitung lagi kalau setahun jadi 480.000.
Mungkin buat para petinggi2 ini bank uang segini masih kecil, lah wong gaji dirut nya aja masuk 10 besar di indonesia...tp gaji karyawan nya 33 terbawah!
Sempet curhat sama papah mertua, dan beliau kaget dengan sistem denda itu...karena dari awal bekerja, background kami adalah frontliner! Bukan marketing...tp kenapa pencapaian target dan denda di tumbalkan pada kami...?!
Gak cuma itu...kami dilarang lembur, dengan alasan tahun 2015 ini hal yang harus diraih adalah keuntungan sebesar2 nya dengan biaya seminimal mungkin.
Coba bayangin, jobdesk awal adalah memberi pelayanan kepada nasabah, namun di tengah2 itu kita harus marketing keluar untuk mencari nasabah. Otomatis pekerjaan utama kita terhambat dan itu memerlukan waktu tambahan untuk mengerjakan alias lembur, namun jangan harap akan dibayar, karena buat pemimpin kami itu pekerjaan rutin yg tidak butuh dihitung lembur. So intinya bekerja sosial...
Satu lagi...nasabah selalu membandingkan bank kami dengan bank tetangga yang selalu cape antri tapi selalu bisa mengambil hati nasabah nya..
Contoh klise...
Setiap hari pelanggan, si bank tetangga gak nanggung2 ngasih souvenir yang lucu2. Sempet dulu gw kerja di bank cape antri...mereka memberikan puding, gantungan kunci, souvenir lucu2 nah kalo di bank terbesar ini cuma ngasih coklat silverquine yg harga nya 2500 perak plus pita di atas nya. 1 cabang dikasih budget cuma 200rb...itu pun dikasih hanya untuk nasabah yang buka rekening!!! Tiap taon itu itu aja yg dikasih... Gimana gak maluuuu..tiap nasabah abis dari bank tetangga, nanyain souvenir ke kami, tp kami cuma bisa nyengirrrrr.
Dari segi pemasaran aja bank ini gak mau modal banyak...gmn nasabah bisa loyallll...so mau gak mau ya frontliner harus lebih memberikan pelayanan yang extra lebayy bahkan over service...si bank tetangga gak takut kehilangan nasabah karena nasabah yang mencari dy..namun kebalikannya sama bank besar ini...kebakaran jenggot tiap bulan krn dana lari ke bank tetangga...
Gk pernah MIKIR!!!
Keselll aja gw sama manajemen ini bank...kasian aja..udah jadi bank terbesar tapi jangankan mendapatkan loyalitas nasabah nya aja gak bisa..wong karyawan nya aja gk ada yg loyal kerja disini...terbukti sama turn over nya yang tinggi...
So kalau mau kerja disini dari awal harus pny background atau jiwa marketing yang tinggi..karena sebagus apapun pekerjaan operasional loe, klo loe gk ngasih keuntungan buat ini bank, ya loe dianggap TIDAK BEKERJA!!! Gk akan ada nilai plus buat hasil kerja keras lu...
Orang2 macam gw suka nya operasional..mau dikasih kerjaan sebanyak apapun, gw terima tapi jangan suruh gw jualan!! Klo cuma sekedar menawarkan masih bs gw lakuin tapi kalau harus manis2 nemuin nasabah, ngerayu2..merengek minta dikasihani untuk mau buka rekening, its not my type...
Kelebihan nya ini bank hmmm ya kalau soal bonus lumayan lah masih manusiawi..mungkin beda nya kalau di tempat lain gaji nya lebih besar tp bonus nya standar. Ya kalau dihitung2 sama aja sihhh...
Sempet kaget nasabah gw waktu gw minta dy buka rekening dan nawarin produk2 bank...beliau kaget karena gw cm frontliner knp kerjaan marketing juga jd jobdesk?!
Gimana pun gw masih bersyukur krj disini. Gw masih bisa bertahan karena lingkungan kekeluargaannya yang kental...
"Kita cenderung menilai kesuksesan dari jumlah penghasilan kita atau ukuran mobil-mobil kita,bukan dari kualitas layanan dan hubungan kita dengan sesama manusia".(Martin Luther King Jr)
Yang gw butuhin pekerjaan yang membuat gw nyaman mengerjakannya, yang sesuai dengan hati nurani gw, bukan karena paksaan...dan dimana orang lain puas dengan pekerjaan gw dan berguna untuk semua nya...bukan untuk orang2 yang gila kekuasaan..yang takut hancur dan jatuh miskin karena kehidupan seperti hal nya roda yang berputar...
Oiya 1 lagi..pekerjaan dimana tidak menyita banyak waktu untuk keluarga...mungkin terlihat berkelas jika jadi seorang atasan, namun jika manajemen waktu untuk keluarga nya kurang, apa yang harus dibanggakan saat anak2 nya tidak dekat dengan diri nya...
Sedang berfikir untuk menjadi wiraswasta...
Seru bekerja karena background hobi yang kita miliki..
Untuk sekarang bertahan ngumpulin modal dulu kali ya...abis itu cabutttttttt....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar